3 TIPS RAHASIA MEMILIH LAPTOP GAMING

TIGA RAHASIA MEMILIH LAPTOP GAMING

Halo sobat SukaSetPc!!! Mungkin Anda sedang mencari laptop buat gaming dan sedang mencari gimana sih cara memilih laptop gaming agar tidak salah pilih. Seorang gamers pasti menginginkan yang namanya performa dan tampilan bermain yang berkualitas saat bermain game. Sekarang laptop maupun PC menjadi pilihan untuk bisa bermain game yang berat sekalipun.

Buat Anda yang mau membeli laptop gaming,tentunya tak bisa sembarangan untuk membeli. Jika sampai salah memilih laptop, hal ini bisa membuat kantong kalian terkocek sia-sia karena mendapatkan pengalaman main game yang kurang maksimal.

Nah sobat, ada 3 rahasia yang harus kalian perhatikan sebelum membeli laptop gaming,terutama untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman bermain game yang berkualitas.

 

1. FOKUS KE PEMILIHAN GPU

Gpu merupakan rangkaian elektronik khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat untuk mempercepat dalam pembuatan gambar ke dalam bentuk frame buffer yang ditunjukan untuk output ke perangkat layar. Semakin kuat spesifikasi GPU dalam laptop, maka semakin nyamanlah kekuatan tampilan visual baik pada game maupun kinerja grafisnya. Karena ini tidak bisa di upgrade, sebelum Anda terlanjur salah beli dan dipengaruhi oleh penjual yang menawarkan laptop yang menggiurkan, anda perlu melihat faktor penting untuk mendapatkan GPU yang ideal pada laptop, diantaranya adalah :

  • Memory Bandwidth : Semakin tinggi memory bandwidth, maka dapat membuat membuat gambar lebih cepat dan berkualitas tinggi.
  • Base Clock Speed : Ini adalah kecepatan rata-rata GPU saat berjalan yang bisa dicapai oleh prosesor, Anda dapat mengukurnya dalam megahertz (MHz).
  • Boost Clock : Ini adalah jumlah minimum kecepatan yang didapatkan dari sebuah GPU. Untuk meningkatkan kecepatan dorongan, anda dapat meningkatkan melalui pengaturan pabrik.
  • Memory Speed : Adalah kecepatan VRAM yang diukur dalam megahertz (Mhz) dan menentukan data yang dilewatkan antara VRAM dan GPU.

 

2. UPGRADE BEBERAPA KOMPONEN LAIN WAKTU

Beberapa komponen dalam laptop bisa diganti storage dan RAMnya, kinerja akan lebih baik jika dilakukan beberapa upgrade pada laptop. Ada 3 cara untuk membuat laptop bekerja lebih baik, yaitu :

  • Upgrade 1 : Ganti atau tambah hard drive dengan SSD, D

         Dengan menambahkan SSD pada laptop akan membuat laptop Anda super cepat ketika akan membaca             data,memuat aplikasi,boot laptop lebih cepat, bahkan sedikit lebih tenang.

  • Upgrade 2 : Upgrate grafis dengan kartu grafis eksternalJika Anda sudah mulai muak dengan performa game yang Anda mainkan sering crash, tingkat fps yang rendah, dan pengalaman gaming yang kurang memuaskan, padahal prosesor dan kinerja ram sudah cukup, mungkin sudah waktunya untuk mencoba dengan kartu grafis eksternal.
  • Upgrade 3 : Menambahkan RAMYang paling sederhana yang dilakukan setiap pengguna laptop untuk upgrade adalah menambahkan RAM tambahan atau memori yang lebih besar, hal ini dapat meningkatkan kinerja laptop, apalagi dibarengi dengan upgrade penyimpanan dengan SSD

Anda bisa nabung terlebih dahulu untuk mengganti komponen-komponen tersebut dan mengupgrade laptop Anda di lain waktu.

 

3. BATTERY LIFE

Baterai laptop terdiri dari berbagai jumlah sel, yang jumlahnya bisa bervariasi mulai dari 2 sel hingga 12 sel. Kapasitas yang dimiliki baterai laptop bisa dipengaruhi dari seberapa banyak jumlah sel di dalam baterai. Tiap sel mempunyai kapasitasnya sendiri, sehingga kapasitas baterai laptop sama dengan gabungan dari sel-sel.

Baterai dengan sel lebih dari enam, dianggap sebagai baterai tambahan atau cadangan karena semakin banyak sel juga akan menambahkan berat badan baterai laptop dan sekaligus menambah kapasitas muatan baterai.

Anda juga bisa mengganti sel-sel ini dengan sel yang yang mempunyai kapasitas yang lebih, namun Anda juga harus memperhatikan dan memastikan berapa tegangan dan arus standar yang diperlukan oleh laptop.

Baterai dengan kapasitas yang lebih besar tidak mempengaruhi kesalahan terhadap sistem laptop asalkan baterai tersebut kompatible terhadap laptop. Bahkan justru dengan kapasitas yang lebih besar, laptop Anda bisa menyala dalam kurun waktu yang lama. So, jangan buang - buang energi buat mikir atau milih baterai yang kudu tahan lama, dan selalu siapin charger.

 

Jadi begitu sob, tiga rahasia memilih laptop gaming.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat yaaa.

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Seorang content creator,pengusaha kecil,pecinta pc,pecinta musik,suka membaca dan menonton video.