5 Cara Mempertajam Gunting yang Tumpul, Efektif dan Mudah Dilakukan

1. Menggunakan Aluminium Foil

Cara mempertajam gunting yang pertama dengan menggunakan bantuan aluminium foil. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di minimarket terdekat dengan harga yang terjangkau. Berikut ini langkahnya:

a. Siapkan satu lembar kertas aluminium foil sepanjang 20-25 cm.

b. Lipat sama panjang beberapa kali, hingga membentuk lipatan tebal.

c. Bagian yang berlapis pada aluminium foil akan berguna untuk mengasah mata pisau saat gunting digunakan untuk memotong aluminium foil tersebut.

d. Potong aluminium foil dengan gunting hingga habis. Namun pastikan jika seluruh mata pisau gunting mendapatkan bagian yang sama.

e. Bersihkan mata pisau gunting menggunakan tisu yang sudah dibasahi dengan air hangat. Hal ini untuk menyingkirkan serpihan aluminium yang menempel di mata pisau saat saat digunakan memotong.

2. Menggunakan Kertas Amplas

Selain menggunakan aluminium foil, cara mempertajam gunting juga bisa menggunakan amplas. Kertas amplas memiliki permukaan kasar yang bisa mengasah gunting agar lebih tajam. Ini langkah mudahnya:

a. Siapkan kertas amplas dengan nomor grit 150-200.

b. Posisikan sisi kasar amplas menghadap ke luar, sehingga bersinggungan dengan kedua mata pisau gunting ketika proses memotong.

c. Selanjutnya potong amplas jadi lembaran panjang. Ketika proses menggunting tersebut kedua mata pisau gunting akan terasah.

d. Yang terakhir, bersihkan gunting dengan tisu lembap agar butiran amplas yang menempel dapat hilang.

3. Dengan Bantuan Botol

Menggunakan botol? Mungkin Anda cukup bertanya-tanya. Padahal car aini cukup efektif dan sering digunakan untuk mempertajam gunting. Berikut ini tahap-tahapnya:

a. Siapkan sebuah botol yang terbuat dari kaca.

b. Selanjutnya, ambil gunting tumpul yang ingin dipertajam.

c. Lakukan gerakan menggunting pada bagian leher botol kaca yang sudah disiapkan tersebut.

d. Pastikan saat melakukannya, dengan gerakan cepat dan berulang hingga mata pisau gunting tajam dan berkilau.

e. Selanjutnya jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih.

4. Menggunakan Batu Asah

Rasanya menggunakan batu asah bukan lagi menjadi hal yang mengherankan, terutama kaitannya dengan mempertajam pisau. Namun, untuk mempertajam gunting dengan batu asah diperlukan sedikit usaha untuk membongkar gunting tersebut. Tahapannya seperti ini:

a. Persiapkan batu asah.

b. Apabila mata pisau gunting sangat tumpul, maka Anda bisa mulai mengasahnya pada sisi batu yang kasar. Namun, jika gunting hanya perlu sedikit dipertajam, Anda bisa menggunakan sisi batu asah yang lebih halus.

c. Selanjutnya, letakkan handuk di bawah batu asah dan basahi dengan sedikit air atau minyak asah.

d. Lalu bongkar gunting dengan melepaskan baut poros yang menyatukan kedua mata pisau gunting. Hal ini dimaksudkan agar proses pengasahan lebih mudah.

e. Asah mata pisau gunting satu persatu.

f. Ulangi langkah mengasah dengan perlahan-lahan dan hati-hati hingga mata pisau mulai semakin tajam.

g. Apabila gunting dirasa sudah cukup tajam, maka lanjut ke langkah berikutnya. Namun jika belum tajam maka ulangi langkah di atas.

h. Jika seluruh proses di atas sudah selesai dilakukan, maka selanjutnya bersihkan gunting menggunakan tisu lembap. Tisu tersebut digunakan untuk mengelap mata pisau gunting dan juga membersihkan dari serpihan batu asah yang bisa saja menempel pada saat proses mengasahnya.

5. Dengan Bantuan Jarum Pentul

Cara mempertajam gunting yang terakhir dengan menggunakan bantuan jarum pentul. Cara ini sebenarnya memiliki prinsip yang sama dengan penggunaan botol untuk mengasah gunting. Yang membedakan yaitu alatnya berukuran lebih kecil. Simak langkah menajamkan gunting dengan jarum pentul berikut ini:

a. Letakkan jarum pentul di sela-sela gunting.

b. Lakukan gerakan memotong seperti yang dilakukan pada saat mengasah gunting dengan botol.

c. Ulangi langkah tersebut hingga mata pisau gunting terasa semakin halus dan tajam.

d. Lalu, langkah terakhir yaitu dengan membersihkan gunting menggunakan tisu lembap ke mata pisau gunting tersebut. Tujuannya untuk menyingkirkan serpihan logam yang bisa saja menempel ketika mengasahnya dengan jarum pentu

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis