Benarkah Ban Dapat Meledak Tanpa Sebab?

Ada beberapa mitos yang beredar didunia otomotif. Misalnya saja seperti filter oli mesin mobil tidak perlu diganti setiap penggantian oli dan bisa digunakan hingga berulang kali. Mengapa disebut mitos? Karena kenyataannya, filter ini harus diganti karena dapat berpengaruh pada usia pakai komponen mobil lainnya. Sebab filter yang digunakan ulang dapat mengalami penurunan fungsi sehingga membuat manfaat pelumas dari oli menjadi tidak maksimal. 

Nah, selain mitos tentang oli, ada juga mitos tentang ban yang cukup banyak beredar dimasyarakat dan sering kali membuat para pengendara takut, yaitu ban dapat meledak meskipun tanpa penyebab apapun. Kenyataannya ban yang meledak pasti memiliki faktor pemicu, dan berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Tekanan angin tidak tepat                    Baik tekanan angin yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah ternyata bisa terjadi penyebab terjadinya ban meledak. Namun, tekanan ban terlalu rendah justru lebih berisiko membuat ban meledak jika dibandingkan dengan tekanan angin yang tinggi. Mengapa demikian?                                                                                                                   sebab ban sudah didesain agar mampu menahan tekanan angin yang tinggi hingga beberapa tingkat dibandingkan dengan tekanan yang disarankan. Sementara itu, jika ban mobil terlalu rendah akan membuat dinding ban menjadi fleksibel. Hal ini sangat berisiko membuat kawat menjadi putus dan memicu terjadinya ledakan.

  • Jenis ban kurang cocok                        Ban memiliki sangat banyak sekali jenis. Ada yang cocok dikendarai dipermukaan jalan basah, kering, dan berbagau kondisi lainnya. Pemilihan ban yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan, dan juga kondisi jalanan akan semakin berisiko mengakibatkan terjadinya ledakan.      
  • Ukiran ban kotor                                     Ban memiliki ukiran pada permukaan dindingnya. Ukiran ini sangat sering kotor akibat adanya benda yang menyelip diantaranya. Jika hal ini dibiarkan, maka akan berisiko menyebabkan ban rusak akibat adanya gesekan dari kotoran tersebut.                                                    
  • Sering menerjang jalanan berlubang   suka menerjang jalanan berlubang ataupun jalanan yang berbatu? Maka bersiaplah ban mobil anda akan mudah pecah. Sebab kondisi jalanan tersebut sangat berisiko mempercepat kerusakan dinding ban. Jika memang anda harus melewati jalanan seperti itu, maka ada baiknya jika anda menurunkan kecepatan saat melewatinya.               
  • Ban kadaluarsa                                       Setiap ban memiliki usia pakai. Ketika ban sudah melewati usia pakainya, maka kualitas ban akan jauh berkurang. Tidandai dengan kembang atau ukiran ban yang mulai menipis, dinding ban menipis, terdapat benjolan pada permukaan ban, dan sebagainya. Kondisi ini bisa memicu terjadinya ledakan jika ban masih terus digunakan.                          

Nah, setelah mengetahuinya Anda sekarang tidak perlu lagi khawatir akan mengalaminya selama Anda memastikan kualitas ban yang baik dan aman untuk digunakan.

Sedang Viral

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Tentang Penulis
Artikel Terbaru
7 Mar 2021, 11:29 - Metamor92
7 Mar 2021, 11:27 - dhena
7 Mar 2021, 11:26 - Uswatunkudus
7 Mar 2021, 11:25 - Uswatunkudus