Buzzer Dan Ancaman Keutuhan Demokrasi Di Indonesia

Istilah buzzer yang hari ini sering di pakai dalam aktivitas media sosial sedang ramai di perbincangkan oleh khalayak publik. buzzer dalam pengertian secara umum adalah orang yang bertugas mempromosikan atau mengkampanyekan suatu isu atau produk berlandaskan kepentingan tertentu melalui akun media sosial, sebenarnya istilah Buzzer sudah ada sejak dulu. Hanya saja pergerakanya lebih masif setelah media sosial banyak di gunakan oleh masyarakat.

Biasanya para buzzer muncul ketika ada suatu isu hangat yang sedang ramai di perbincangkan oleh publik. Seperti salah satu nya isu politik yang sempat menjadi trandig topik di twiter belakangan ini. setelah seorang komika bernama bintang emon memposting suatu video guyonan yang mengomentari kasus penyiraman air keras kepada novel baswedan yang hanya mendapatkan hukuman satu tahun penjara

Berbagai tuduhan dan ancaman yang di lontarkan oleh para buzzer menggunakan akun palsu merupakan bukti bahwa indeks demokrasi yang ada di indonesia semakin hari semakin meredup. Padahal berdasarkan Konstitusi, manyampaikan pendapat di muka umum adalah hak asasi manusia dan di jamin oleh Undang-undang dasar 1945. 

Seperti di jelaskan dalam UNDANG-UNDANG TENTANG KEMERDEKAAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM NO. 9, LN 1998 / NO. 181, TLN. NO. 3789, LL SETKAB : 22 HLM bahwa Kemerdekaan setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat di muka umum merupakan perwujudan demokrasi dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk membangun negara demokrasi yang menyelenggarakan keadilan sosial dan menjamin hak asasi manusia diperlukan adanya suasana yang aman, tertib dan damai.

Memang hari ini kita tidak dapat membuktikan apakah aktor intelektual di balik serangan para buzzer merupakan sekelompok elit yang sekarang menduduki bangku-bangku kekuasaan atau hanya segelintir orang yang iseng dan mempunyai kepentingan tertentu. Karena sulit untuk mencari tau asal usul buzzer yang menggunakan akun-akun anonim. 

Namun pastinya saya berharap kepada pemerintah yang hari ini menduduki bangku bangku pemerintahan agar segera menyelesaikan problem ini dan menindak lanjuti para aktor intelektual yang tidak bertanggung jawab di balik serangan para buzzer tersebut. Karena apabila masalah ini tidak segera di selesaikan, masyarakat akan semakin geram dan semakin beranggapan bahwa orang di balik tirai tersebut adalah para penguasa yang sengaja mengkordinir untuk menjaga kepentingan tertentu.

 

Jangan sampai demokrasi kita terciderai oleh aktivitas warga negara yang di lindungi oleh konstitusi hanya karena berpendapat dan tidak sepakat dengan beberapa kebijakan kaum elit politik baik skala daerah maupun pusat.

Karena pada dasarnya demokrasi akan terbangun apabila para warganya memiliki hak dan di beri kesempatan untuk berpendapat di muka umum. Baik untuk mengkritisi maupun memberikan solusi.

Maka dari itu silahkan untuk para elit politik yang memimpin dan memiliki kebijakan tertinggi, untuk membuktikan bahwa bukan kalian aktor di balik kekacauan tersebut dan menangkap para pelaku yang tidak bertanggung jawab dan mengancam keutuhan demokrasi di indonesia. Sekian terimakasih. 

 

Penulis: 

Sultan azzam husyahiri 

Orang biasa yang punya cita2 melangit usahanya sedikit

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis