Gatal pada kulit? Yuk! Kenalan Dengan "SI REBUNG ELIT"!

(https://id.images.search.yahoo.com/)

Pernahkah kamu mencoba hidangan pembuka berupa Sup Asparagus? Bagaimana rasanya? Tidak terlalu pahit bukan? Pernahkah kamu merasa penasaran mengapa Sup ini begitu populer di beberapa restoran? Tidak semua orang mengetahui manfaat dari sayuran yang dijuluki sebagai "Si Rebung Elit" atau Asparagus (Asparagus Officinalis) ini.

(https://id.images.search.yahoo.com/)

Yuk! Kita cek sama-sama manfaat dari Si Rebung Elit ini!

1. Mengatasi Gangguan Kulit atau Alergi

Hayo ngaku! Disini siapa yang sering gatal-gatal? Asparagus bisa jadi obatnya nih! Yuk disimak! Asparagus memiliki sifat basa yang dapat membersihkan darah asam yang menjadi salah satu penyebab alergi. Bagi kamu yang mudah terkena Eksem (Dermatitis Ekzema), Asparagus merupakan pengobatan alami yang cocok banget untuk kamu coba.

2. Sebagai Peluruh Urin

Asparagus memiliki efek farmakologis yaitu sebagai peluruh urin (Diuretik) yang dihasilkan oleh asam amino. Hal ini memiliki dampak positif dalam membersihkan zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam tubuh, terutama pada penderita gangguan ginjal. Tidak hanya itu, bagi penderita hipertensi dan perempuan dalam siklus haid, asparagus baik di konsumsi untuk mengurangi retensi air yang dapat digunakan dalam peningkatan tekanan darah.

3. Sumber Vitamin C

Pada setiap 180gr Asparagus, mengandung 19,44 mg Vitamin C yang mampu mencukupi 32,4% kebutuhan harian pada individu. Selain baik untuk mencegah sariawan dan menghaluskan kulit, Vitamin C juga baik untuk penyerapan Ion Fe yang mampu mereduksi logam berat, metabolisme folat, tirosin, dan fenilalanin. Tidak hanya sampai disitu, kegunaan Vitamin C di dalam tubuh juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko katarak pada mata. 

4. Sumber Vitamin A

Kandungan Vitamin A pada Asparagus mengandung (756 IU/100gr) sajian. Kandungan terserbut mampu mencukupi 20% kebutuhan harian Vitamin A. Selain beerfungsi untuk menjaga kesehatan mata, Vitamin A mampu menangkal infeksi virus.

5. Mencegah Serangan Jantung

Bagi penderita Jantung Koroner, mengkonsumsi Asparagus baik untuk mencegah serangan jantung mendadak yang disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah oleh Homosistein (Homocysteine). Asam Folat yang dihasilkan oleh Asparagus mampu mereduksi Homosistein pada Siklus Metionin, yang merupakan siklus asam amino esensial yang dikonveksi menjadi S-denosylmethionine (SAM) sehingga kadar homosistein mengalami penurunan.

6. Kaya Folat

Vitamin B9 atau Folat merupakan asupan yang berfungsi membantu proses pembentukan sel darah merah sebagai komponen DNA dan RNA yang menyusun jaringan tubuh, mencegah gangguan hati serta meminimalisir kemungkinan bayi terlahir cacat. Untuk itu Vitamin B9 atau folat ini dianjurkan dikonsumsi oleh wanita hamil. Selain itu, asupan folat yang memadai membantu meningkatnya daya ingat bagi anak-anak ataupun lansia.

7. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam Asparagus diperlukan oleh tubuh dalam pembentukkan sel darah merah untuk mencegah terjadinya lemas, letih, lesu, kepala pusing, serta gejala anemia lainnya. 

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pada setiap Asparagus, terdapat Inulin atau karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat ini mampu mencapai usus besar tanpa reaksi enzimatis sehingga dapat berfungsi sebagai probiotik. Insulin bersama kalsium dan fosfor yang terkandung dalam asparagus, mampu menurunkan keasaman lambung. Sehingga enzim pencernaan dapat bekerja dengan sempurna.

9. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Pada penderita hipertensi, Asparagus baik untuk di konsumsi sebagai sumber kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Kalium mampu memperbaiki kualitas tulang, membentuk protombin dalam darah, mencegah proses sintesis osteocalsin di tulang sehingga mencegah osteoporosis dan membantu proses perubahan glukosa menjadi glikogen.

Apabila kamu kekurangan kalium, dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, mimisan, hingga urin berdarah. Iii serem ya..

10. Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Pada 180gr Asparagus hanya menghasilkan 43,20 kcal. Jumlah kalori yang tidak terlalu besar ini cocok untuk kamu yang sedang dalam program diet rendah kalori ataupun penderita diabetes.

Nah! Dari banyaknya manfaat yang di suguhi oleh Asparagus, yakin kamu masih tidak mau menghabiskan semangkuk sup asparagus-mu?

Intip sebentar yuk Tips dalam memilih Asparagus segar!

TIPS Memilih Asparagus
Perhatikan bagian pangkalnya!

Apakah warnanya putih atau kehijauan?

Asparagus yang baik, pangkalnya berwarna putih dengan tekstur yang lunak dan memiliki rasa yang manis.

Eits! Artikelnya belum selesai!

Jangan karena kamu lihat banyak manfaat dari asparagus, lalu kamu mengkonsumsi secara berlebihan, ya sobat!

Coba cek lagi nih!

Efek Negatif Asparagus

Asparagus, apabila di konsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar purin yang dapat menyebabkan penyakit Asam Urat (Gout). Penyakit ini tergolong ke dalam penyakit rematik yang umumnya menyerang orang dewasa. Sehingga pada penderita Asam Urat, sayuran ini tidak dianjurkan ya, Sobat!

 

Semoga artikel yang Inez sampaikan kali ini, bisa menambah wawasan kamu tentang sayuran sehat dan manfaat alami yang terkandung di dalamnya. Have a nice day!

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis