Generasi Menunduk

Memasuki abad 21, arus globalisasi menjadi semakin luas. Hal ini di ikuti oleh pesatnya perkembangan teknologi. Teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Hampir setiap aspek kehidupan manusia saat ini tidak bisa lepas dari teknologi. Hal ini menyebabkan manusia semakin tergantung terhadap teknologi. Sehingga mengurangi daya kreatif dan daya pikir generasi sekarang.

Salah satu contoh yang paling famiiar disemua kalangan adalah gadjet. Hampir setiap orang memilikinya. Selain penggunaannya yang mudah, harga nta yang murah menyebabkan setiap orang dengan mudah memilikinya. Sebagai sarana komunikasi moderen, teknologi ini tidak bisa lepas peranannya dalam kehidupan genrerasi sekarang.selain menimbuklan dampak kemanfaatan di masyarakat, ternyata teknologi gadjet juga menyimpan dampak buruk. Penggunaan yang brlebihan tidak akan memberikan kemanfaatan. Justru mendatangkan mudharat. Tidak sedikit orang yang menyalahgunakan fungsi dari teknologi ini. Misalnya penyebaran informasi hoax . dengan fasilitas internet yang mudah di akses, setiap orang dengan sangat mudah untuk memperoleh atau menyebarkan informasi. Bahkan informasi yang tidak jelas sekalipun ( hoax ). Hal ini akan menimbulkan konflik sosial yang bisa meluas menjadi lebih berbahaya. Tidak jarang saat ini banyak terjadi kasus orang hilang atau pembunuhan yang berawal dari interaksi berlebihan lewat teknologi.

Selain itu, manusia akan menjadi ketergantungan terhadap gedjet. Karena sedah merasa tidak bisa lepas dengan gedjet, maka kemanapun pergi yang tidak boleh ketinggalan adalah gedjet. Bahkan yang paling parah adalah berjalanpun sambil mengoperasikan gedjet. Hal ini menyebabkan lunturnya nalar sosial generasi sekarang. Mereka tidak lagi peduli dengan lingkungan sekitarnya. Mereka lebih cenderung bersifat individual. Meskipun mereka sedang berkumpul secara langsung dengan kawannya, namun sibuk dengan gedjetnya masing masing. Sehingga terkean meski dekat tapi teras jauh karena komunikasi yang di jalin tidak cair dan di sibukan oleh masing masing. Oleh karena itu, janganlah kita jadi generasi yang menunduk. Yaitu generasi yang setiap saat tidak bisa lepas dari penggunaan gadjet. Mari kurangi penggunaan gedjet yang berlebihan. Sebagai generasi zaman now, seharusnya kita lebih sering memperhatikan lingkungan sosial sekitar kita. Janganlah berdiam diri mana kala terjadi ketimpangan sosial di sekitar kita. Generasi zaman now adalah generasi yang peduli.

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Terbaru
30 Nov 2020, 21:53 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:42 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:40 - Riskikribo
28 Nov 2020, 9:39 - mohammadrusdi21