Ini Alasan Google Tidak Mau Pakai Nama ‘Manis’ untuk Android Terbarunya

Google telah mengungkap alasan mengapa Android 10 atau Android Q tidak akan mendapatkan nama-nama ‘manis’ dari makanan seperti sebelumnya.

Selama kurang lebih satu dekade, Android memiliki kebiasaan yang unik dalam menamai operasis sitemnya.

Dimulai dari sistem Android 1.5 ‘Cupcake’ hingga Android 9.0 ‘Pie’, Android ternyata tidak akan memberikan nama makanan manis ke versi berikutnya, Android 10.0.

Google mengklaim bahwa mereka mendengar umpan balik selama bertahun-tahun karena julukan makanan yang unik tersebut, dan mengatakan banyak yang tidak dipahami oleh komunitas global.

Android yang memiliki khas diberi nama makanan sesuai abjad hurufnya, misalkan Jelly Bean berpindah ke KitKat lalu menjadi Lollipop (J - K - L), sekarang akan disebut dengan angka semata.

Maka dari itu, Android 10.0 yang dikabarkan akan pertama kali diluncurkan beberapa minggu ke depan tidak akan mendapatkan nama khas makanan yang dimulai dengan huruf Q, namun hanya tetap sebagai ‘Android 10’ saja.

Dengan perubahan tersebut, Google ingin secara jelas dipahami oleh global mengenai versi urutan lama hingga ke baru sistem operasinya.

Android juga mengalami sedikit perubahan logo, yang tadinya bertipikal penuh dengan robot hijau bertuliskan ‘android’ berwarna hijau, berubah dengan hanya kepala robot dengan tulisan ‘android’ berwarna hitam.

Perubahan logo terakhir dilakukan oleh sistem operasi milik Google tersebut sudah lama tak dilakukan sejak 2014.

 

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Menghibur dan Mencerdaskan Bangsa

Artikel Terbaru
30 Nov 2020, 21:53 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:42 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:40 - Riskikribo
28 Nov 2020, 9:39 - mohammadrusdi21