Inilah Penyebab Layar Smartphone Error

Pernah mengalami touchscreen pada smartphone yang tidak merespon saat disentuh?atau bergerak sendiri tanpa disentuh?Bahkan tiba-tiba mati dan tidak bisa berfungsi. Smartphone di jaman sekarang sangat mengandalkan layar, jika touchsreen nya mengalami kerusakan pastinya smrartphone tidak bisa digunakan lagi.

Selain karena terjatuh dan terkena air, ada 5 hal sepele yang bisa membuat touchscreen pada smartphone menjadi Error. 

1. Menggunakan Charger yang tidak sesuai

Meskipun memiliki bentuk yang sama, charger pada smartphone telah disesuaikan khusus dengan jenis perangkat smartphone dan kapasitas baterainya. Penggunan charger secara sembarangan bisa mengurangi kinerja baterai dan merusak baterai. Jika komponen pada baterai mulai rusak maka hardware pada layar sentuh tidak akan bekerja secara optimal. 

2. Menggunakan layar dengan cara yang salah

Menekan layar smartphone dengan keras, menyentuh layar smartphone dengan tangan yang kotor atau basah, mengelap layar smartphone dengan sembarang benda. Hal ini menyebabkan layar smartphone menjadi tergores dan tidak responsif lagi.

3. Meletakkan Smartphone dekat dengan barang elektronik lain

Hal ini sangat sering kita lakukan, tanpa kita sadari kita telah membeli tiket terdepan untuk merusak smartphone kita. Medan magnet yang terdapat pada elektronik lain dapat menyebabkan layar smartphone menjadi rusak. Apalagi melakukan pengisian daya dan meletakkan smartphone diatas televisi. Mungkin tidak terjadi pada saat tersebut namun pelan tapi pasti ini adalah salah satu penyebab terjadi nya kerusakan pada smartphone.

4. Jarang membersihkan pelindung layar

Bagi yang suka menggunakan pelindung layar jangan pernah lupa untuk membersihkan nya sesekali. Karena pelindung layar yang kotor juga bisa membuat layar menjadi kurang responsif dan kadang bisa bergerak sendiri. Untuk mengatasi ini, lepaskan pelindung layar pada smartphone kemudian bersihkan layar secara menyeluruh dan gantilah dengan yang baru.

5. Penggunaan CPU dan RAM yang berlebihan

CPU yang bekerja secara berlebihan disini dimaksudkan seperti menggunakan smartphone untuk bermain game secara terus menerus atau melakukan multitasking dan membuka aplikasi yang banyak dalam satu waktu. Penggunaan RAM yang berlebihan,  jangan sampai ruang penyimpanan di smartphone menjadi penuh. Selalu hapus file-file dan chace yang tidak diperlukan lagi. Jika CPU bekerja terlalu keras dan RAM penuh, touchsreen terasa berat dan lambat bahkan error.

Hal-hal tersebut biasa kita lakukan namun ternyata mampu membuat touchscreen smartphone kita menjadi rusak. Apabila saat ini smartphone mu dalam keadaan error, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membawanya ke service center terdekat. 

1. Membersihkan RAM 

Jika touchscreen terasa berat, respon nya lambat dan sering bergerak sendiri tanpa disentuh, ada baiknya mengecek ruang penyimpanan dan lakukan pembersihan file-file atau data chace yang tidak diperlukan. Atau jika belum cukup, kamu bisa menggunakan aplikasi Cleaner atau TuneUp. 

2. Menggunakan Kalibrasi Android

Kalibrasi adalah fitur yang biasanya telah tersedia langsung pada smartphone. Fitur ini difungsikan sebagai percobaan pada touchscreen android untuk mengetahui apakah fungsinya berjalan dengan normal atau tidak. Menurut informasi yang beredar, penggunaan kalibrasi ini mampu memperbaiki sensitifitas pada layar. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan fitur Kalibrasi :

  • Masuk pada menu Setting kemudian pilih Display selanjutnya pilih menu Calibration.
  • Gunakan kode *#*#2664#*# untuk mengecek sensitifitas pada layar
  • Terakhir restart smartphone 

3. Factory Resert

Jika kedua cara diatas tidak berhasil, pilihan terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan Factory Reset. Factory Reset ini menyebabkan semua data-data yang terdapat di dalam smartphone akan terhapus kembali ke pengaturan awal seperti pertama kali dibeli.

Factory Reset bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama Factory Reset melalui menu Setting. 

  • Buka menu Setting / pengaturan
  • Buka menu Backup dan Reset /cadangan dan reset
  • Pilih Factory reset / kembali ke pengaturan pabrik 
  • Ikuti petunjuk yang diberikan

Jika touchsrcreen dalam keadaan tidak berfungsi dan benar-benar tidak dapat merespon maka Factory reset bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Tekan dan tahan tombol power serta tombol volume ke atas secara bersamaan beberapa saat 
  • Pilih wipe data/ factory reset. Untuk melakukan navigasi ke opsi gunakan tombol volume atas dan bawah.
  • Tekan tombol power setelah pilihan menunjukkan wipe data/factory reset.
  • Lakukan sesuai arahan yang terdapat pada layar Smartphone.

Inilah sebagian tips untuk menghindari dan mengatasi touchscreen error. Semoga bisa bermanfaat.

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis