Peradaban Dunia Sebelum Islam Datang

oleh : mohammad rusdi

di resum dari buku sumbangan peradaban islam pada dunia

karya Prof. Dr. Raghib As-Sirjani

Berbagai peradaban telah menghiasi dunia sebelum muncul islam. Yang mana setiap peradaban tersebut telah memberikan warna tersendiri sesuai dengan karakteristik dan ciri khas masin masing. Peradaban islam memberikan dampak yang besar pada dunia. Mengeluarkan dari kegelapan dan kebodohan, penyimpangan dan kebinasaan akhlak. Sebelum munculnya peradaban islam, telah berlangsung beberapa peradaban , antara lain:

Peradaban yunani ( Helenisme )

Peradaban ini di tetapkan sebagai dasar peradaban dunia kuno. Dimulai pada bidang filsafat dan ilmu adab serta keahlian lain. Socrates, plato , dan aristoteles adalah beberapa ilmuan bidang ilmu adab pada masa itu. Kecerdasan dan keindahan yang dibawa oleh mereka kemudian di sampaikan sebagai kebenaran dan meneguhkan sebagai konsep masyarakat.

Meski menyebabkan kematangan kecerdasan dalam filsafat, namun secara perlahan peradaban ini menjadikan miring tatanan kehidupan masyarakat. Misalnya teori yang di keluarkan plato tentang sebuh kota terhormat. Dalam teori tersebut ia membagi masyarakat dalam tiga peringkat, yaitu:

Peringkat pertama : ahli filsafat. Filsafat dihadikan satu satunya hukum dan peringkat lain tidak masuk dalam tatanab mereka.

Peringkat kedua: tentara. Plato menerapkan undang undang yg keras pada tentara. Hak asasi sebagai manusia dibatasi. Mereka tidak diperkenankan berkekuarga dan berketurunan. Para wanita dijadikan milik bersama seluruh tentara. Anak anak yang lahir dari para wanita tersebut tidak diketahui bapaknya kemudian di anggap sebagai anak negara.

Peringkat ketiga: kuli dan petani. Mereka bekerja keras untuk berkhidmat pada hakim dan tentara. Kebebasan mereka dibatasi. Orang yang sakit akan diasingkan.

Sementara itu, aristoteles mengemukakan teori tentang perbudakan bahwa kedudukan dalam pemikirannya terdiri dari hakim dan yang dihukum. Orang yang kedudukannya tertinggi menentukan hukum kepada orang yg lebih rendah.menurut adat, kedudukan itu menghibahkan jasad yang kuat untuk dijadikan budak. Selain pemikiran yang matang, lebih di utamkan memelihara jasad yang matang akalnya.

Will Durrant menyebutkan peradaban yunani bukanlah contoh peradaban yang baik dalam hal akhlak. Karena kekeringan akal mereka telah banyak mengakibatkan kemerosotan akhlak hingga setiap manusia hampir tidak memiliki sifat manusiawi . Mereka hidup dengan aturan yang sangat kotor. Para filsuf menghalalkan membunuh, sex bebas, ekonomi kapitalis sehingga kemiskinan semakin merajalela. Hal ini menyebabkan secara perlahan peradaban yunani runtuh.

Peradaban India (1003 sm)

Peradaban ini telah memberikan kontribusi yang besar. Menciptakan angka hitung sampai sembilan, ahli ilmu segi tiga, menggunakan separuh ganjil, menemukan daerah daerah permukaan tanah, penemuan ilmu kedokteran, astronomi, serta matematika. Selain itu, sejal kurun ke enam sebelum masehi , mereka menggariskan hukum yang ganjil dan menhancurkan segala sesuatu khususnya agama, akhlak, masyarakat. Abu hasan an-nadawib ( wakil ketua perkumpulan ulama india) mengatakan ” para sejarawan telah sepakat tentang sejarah india yang meliputi agama, akhlak, dan masyarakat”. Beliau juga mengatakan ” dalam peradaban india, timbullah aturan kasta dalam berbagai macam bentuk yang membagi kelas masyarakat sesuai dengan kedudukannya di masyarakat. Kasta terendah merupakan kasta yang paling menderita. Dimana mereka dicekik oleh berbagi kepentingan para penguasanya. Kasta kasta tersebut diantaranya :

– kasta brahma ( tukang sihir dan ahli agama )

– kasta ksatria ( ahli perang )

– kasta waisa ( petani dan pedagang)

– kasta sudra ( pembantu dan budak )

Kasta brahma adalah kelompoknya para bangsawan. Mereka di istimewakan bahkan dituhankan. Apa yg ada di bumi adalah mereka . mereka dapat mengambil harta kaum bawah semau mereka.undang undang mereka kuasai. Sedangkan kasta sudra adalah kelompok paling tertindas. Bahkan kedudukan mereka dalam masyarakat lebih rendah dari binatang. Kedudukan wanita sendiri sama seperti budak. Para kaum lelaki boleh menggunakan wanita sebagai taruhan judi. Kaum wanita juga di perbolehkan bersuami lebih dari satu. Selepas suaminya meninggl mereka tidak boleh menikah lagi dengan tujuan merendahkan dan menyakiti.

Peradaban persia

Imperium persia membentang luas di seluruh negeri. Saling bersaing dengan romawi dalam menetapkan hukum dunia. Mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan sasaniyah. Mereka unggul dalam bidang politik, ketatanegaraan, peperangan, serta hidup mewah. Agama resmi mereka yaitu zoroaster.

Pada awalnya mereka menyembah allah. Namun, zarathustrabmenunjukan pemikirannya bahwa allah menjelma dalam setiap cahaa, baik dari matahari maupun dari api. Akhirnya dia memerintahkan menghadap mataharibdan api ketika beribadah. Dia juga melarang mengotori empat unsur yaitu: api, debu, air, dan udara. Setelah itu datanglah para pendeta yg mengajak pengikut zarathustra untuk mengikuti syariat yang bermacam macam. Segala hal yang berhubungan dengan api di haramkan. Cukup dengan perdagangan dan pertanian mereka mencukupi diri. Dari ritual penyembahan api ini, kemudian api di jadikan sebagai kiblat ibadah dari berbagai tingkat golongan. Mereka membangun biara dan menantang setiap agama yg berbeda dengan mereka. Kemudian agama ini di sebut agama majusi. Menurut mereka ajaran agama hanya berlaku di tempat ibadah saja. Di luar itu mereka bebas todak terikat oleh agama. Misal kepentingan politik, ekonomi, hukum, sosial. Mereka bebas melakukan apa saja.

Peradaban romawi

Merupakan yang terbesar di eropa setelah yunani. Peradaban ini telah melahirkan filsuf filsuf yang cerdas sehingga menghasilkan undang undang ketatanegaraan baru. Meskipun melahirkan banyak filsuf, justru kerusakan menjadi semakin luas karena penguasa yang dzolim.

Dr. Ahmad syalabi meringkas dasar dasar peradaban romawi yaitu: romawi menguasai eropa kira kira selama dua kurun sebelum kelahiran isa. Lalu menguasai syiria tahun 65 SM dan mesir tahun 30 SM. Negeri timur tunduk pada romawi dengan hukum romawi dalam ketertindasan. Karena tidak membawa kemajuan dan tidak memiliki pusat pemikiran pada bangsa yang di tundukannya, lambat laun peradaban ini mulai rapuh dan hancur.

Pasca kedatangan nabi isa, hukum romawi tenggelam. Sekitar tahun 306 M , kekaisaran konstantin muncul. Imperium ini membawa ajaran masehi. Orang orang gereja tidak cukup dengan pernyataan konstantin. Mereka membuat sebuah lembaran lembaran konstantin yaitu kepercayaan bahwa bapak sebagai penguasa dunia dalam wilayah kepausan .

Lima bentuk aturan gereja yang diterapkan sejak kurun kekima yaitu:

  1. Kitab suci dalam kekuasaannya dari seluruh apa yang dibutuhkan oleh rakyat baik urusan dunia maupun akhirat.
  2. Kitab suci batil, maka tidak boleh di pelajari.
  3. Orang gereja jelmaan allah.
  4. Mukjizat dan kejadian luar biasa yesus berasal dari tuhan bapak dan keduanya dilihat dari karakter menyelisih undang undang alamiah dan dasar dasar perbuatan.
  5. Teks kitab suci mengarah supaya meninggalkan urusan dunia.

Hal di atas menyebabkan adanya pembatasan pengembangan ilmu pengetahuan sehingga yang timbul adalah kebodohan semata. Sehingga pada akhirnya imperium ini runtuh karena sistem yang di terapkan sangat buruk.

Bangsa arab sebelum islam

Sebelum islam datang, masyarakat arab berada pada puncak kejahiliyahannya. Tatanan masyarakat sangat tidak adil. Praktik kemusyrikan merajalela dengan penybahan berhala. Tidak adanya persatuan diantara suku suku yang ada. Mereka hidup hanya mementingkan golongannya saja. Masyarakat arab dikenal sebagai masyarakat yang setia terhadap apa yabg diyajininya. Bahkan mereka rela berperang manakala terdapat pertentangan dengan suku atau kepercayaan lain. Namun para perempuan tidak memiliki hak seperti kaum pria. Para wanita di jadikan budak. Mereka dipasarkan dengan harga yang murah. Tidak sedikit dari mereka yang mengalami pelecehan.

Sedang Viral

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Terbaru
27 Apr 2021, 22:09 - Uswatunkudus
21 Mar 2021, 12:42 - Uswatunkudus
21 Mar 2021, 12:42 - Uswatunkudus
21 Mar 2021, 12:41 - Uswatunkudus