PROPORSIONAL DALAM LOGIKA BANGUNAN

PROPORSIONAL DALAM LOGIKA BANGUNAN

Catatan Harian

Oleh: wandi 

keluarga sunda agregat

Sebuah Bangunan akan memiliki ketahanan Physik jika diperhitungkan secara Proporsional karena bangunan tidak memiliki etika perhitungan baku akan tetapi pada pengaplikasiannya akan selalu berdasarkan acuan dan ide-ide kebutuhan RAW Material Realita Existing di Lapangan (Proyek), bahkan seluruh Patokan perhitungan Rumusan-rumusan akan selalu mengacu serta mengantisipasi pada kondisi Lapang.

FAKTOR KELABILAN

Kelabilan Terjadi pada

👉 Kondisi Tanah

👉 Sloof

👉 Jarak Bentangan (Balokan & Rinkbalk)

👉 Perhitungan Ketinggian +Footflate (Cakar Ayam)

👉 Perhitungan bobot hidup (pengguna/pengunjung) dan bobot mati Fasilitas Gedung, (Mesin Lift, Torn, dll).

KONDISI TANAH & SLOOF

Acap kali sebuah gedung yang dibangun pada area tanah labil roboh karena disebabkan kelalaian dan pengabaian pada perhitungan fungsi Sloof, padahal fungsi Sloof adalah salah satu keutamaan kekuatan dan ketahanan Gedung terhadap Landasan Tekanan dari Seluruh beban bangunan terhadap Tanah.

Jika sebuah bangunan tidak memakai Rink Sloof ataupun hanya Turap bentengan batu kali, maka yang terjadi pada Physik kolom bangunan adalah Sengkang ataupun Doyong bahkan pada Gedung bertingkat berakibat pada pematahan Balokan hingga Roboh jika terjadi perubahan pada pergeseran tanah (gempa).

PROPORSIONAL FUNGSI FOOTFLATE (Cakar Ayam)

Pada Bangunan dengan bentuk presisi seimbang Kotak ataupun Persegi Panjang, kedalaman dan besaran footflate hanya berfungsi untuk menambah bobot dan menahan gerak geser bangunan dari perubahan permukaan tanah.

 

Akan tetapi kedalaman dan besaran Footflate ataupun cakar Ayam akan berubah fungsi menjadi hal yang paling dominan serta beresiko tinggi sebagai bobot bandul untuk keseimbangan dari Terpaan Angin dan Getaran tatkala ketinggian bentuk bangunan mengkerucut seperti halnya Mercusuar, Menara ataupun Tugu serta Gedung Tingkat Tinggi yang Berbentuk Pipih dan memanjang.

Lanjutkan Artikelnya

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=4457369057638905&id=100000975642836

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

📂Eks Maintenance Lab.Komputer MMA-IPB 1996 s/d 2003 📂Web Design, Web Animasi, Animator, Design Graphis, Drafter Engeeniring. 📂Penulis & Pingelola di Animasi Studio, Internet Visual Animasi-Knowledge Inspiration Of Indonesia. 📂Pengelola AHA Messenger Gigabyte 📂Penulis d Kaskus.co.id 📂www.iva-studio.is-best.net

Artikel Terbaru
30 Nov 2020, 21:53 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:42 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:40 - Riskikribo
28 Nov 2020, 9:39 - mohammadrusdi21