Ramalan Jokowi tentang Ekonomi dimasa Pandemi

Pemilu tahun 2019 sudah berlalu, tapi bayang-bayang politik masih bergelayut di kursi panas Gedung Istana Bogor. Setidaknya nama Jendral Muldjoko dan Gatot Nurmantyo disebut-sebut pengganti Presiden Joko Widodo. Selang nama sang menteri petahanan Prabowo sudah tidak lagi masuk sebagai calon bursa Presiden.

Namun apakah tahun 2024 kita sudah terbebas dari covid 19, entahlah mungkin Corona atau covid 19 akan bernasib sama dengan virus Aids dsb. Namun apakah masih bisa di samakan? Tentulah tidak, mengapa? Karena covid bukan hanya mempengaruhi satu negara, tapi seluruh dunia. Hal ini jelas terasa dari segi ekonomi yang turun. Bayangkan ekonomi Myanmar yang baru terjadi kudeta kepemimimpinan hanya naik 1-2% jelas Indonesia bisa dirasa lebih baik meski belahan dunia menganggap Indonesia dinilai lamban tangani covid 19.

Setidaknya lock down yang pernah akan dilakukan tidak benar-benar dilakukan dan hanya berganti nama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain karena kekhawatiran masyarakat pula tidak mudah mengatur masyarakat Indonesia dengan banyak ego masing-masing. Dan itu jelas karena posisi ekonomi negara yang masih banyak hutang. Meski bantuan sosial dalam segala bentuk digelontorkan namun tetap saja Pandemi dan lock down akan sangat mustahil di Indonesia. Apalagi banyak negara setelah lock down tetap Covid 19 muncul kembali, 3M dan 5M seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak juga tidak menunjukan hasil positif.

Entah sengaja atau tidak, pidato Jokowi rapat kerja bersama IMF di Bali menunjukan kebenarannya. Meski banyak yang menganggapnya lelucon namun tahun 2018 ini seolah memunculkan kebenaran. Dalam pidato Beliau menyisipkan kata-kata seperti Game of throne dan winter is coming. Gejolak seperti negara kuat memanfaatkan negara lemah untuk mendapat kekuasaan dan keuntungan seolah benar terjadi. Lalu sampai kapan? Meski Bapak jokowi menjelaskan agar dunia bersama-sama mengatasi hal tersebut. 

Sedang Viral

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Terbaru
27 Apr 2021, 22:09 - Uswatunkudus
21 Mar 2021, 12:42 - Uswatunkudus
21 Mar 2021, 12:42 - Uswatunkudus
21 Mar 2021, 12:41 - Uswatunkudus