Spekulasi Kepergian Messi dari Barcelona Makin Menjadi-Jadi

Megabintang sepak bola dari Argentina, Lionel Messi, kini menjadi bahan perbincangan hangat para penggemar sepak bola sejagat setelah menunjukkan gelagat tidak lagi kerasan di klubnya, FC Barcelona. Klub-klub besar dunia, terutama di Eropa, diberitakan sempat menunjukkan antusiasme tinggi untuk menampung Messi setelah kemungkinan ia tidak akan lagi bertahan di Barcelona. Manchester City (Inggris), Inter Milan (Italia), Paris Saint-Germain (Prancis), dan Manchester United (Inggris) merupakan empat klub besar lagi kaya yang dispekulasikan bakal menjadi tempat merumput baru bagi Messi setelah meninggalkan La Liga (Spanyol).

Messi memperlihatkan ketidakbetahannya di Barcelona setelah pada musim kompetisi 2019/2020 ini El-Barca (julukan bagi FC Barcelona) terpuruk dan gagal total meraih gelar (baik di La Liga, Copa del Rey, maupun Liga Champion). Terakhir, dalam duel perempat final Liga Champion, Messi dan kawan-kawan bahkan dilumat Bayern Munchen dengan skor amat telak, 8-2. Superstar  asal Argentina ini pun kemudian diberitakan merasa frustrasi berat dan berniat untuk pindah ke klub lain.

Seperti dilansir tempo.co, Messi memberi tahu klubnya Selasa pekan lalu bahwa ia ingin pergi secepatnya dari Barcelona. Setelah pernyataan yang mengejutkan itu, Barca pun mengalami guncangan baru dalam kurang dari dua pekan setelah kekalahan memalukan dari Bayern Muenchen. Klub kaya ini sekarang benar-benar dalam kondisi runyam.

Messi dikabarkan sempat mengalami ketengangan dan hubungan kurang harmonis dengan pelatih El-Barca, Quique Setien. Messi juga sempat bersitegang dengan Direktur Olahraga Barcelona, Eric Abidal. Terakhir, kapten tim nasional Argentina itu konon sudah merasa kurang cocok dengan Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

Kisruh di antara jajaran manajemen klub makin menambah kejengahan Messi di Barcelona serta keinginannya untuk pergi dari klub yang membesarkannya itu. Terkait dengan presiden klub, berembus spekulasi bahwa Messi akan tetap bertahan di Barcelona jika Josep Maria Bartomeu diganti atau mundur dari jabatan presiden klub.

Sementara itu, pelatih Quique Setien sudah diberhentikan (dipecat) oleh manajemen klub beberapa hari setelah kekalahan memalukan dari Munchen di Liga Champion. Pelatih baru, Ronald Koeman, didatangkan dari Belanda. Koeman, yang merupakan mantan pemain Barcelona, rela meninggalkan jabatan sebagai pelatih tim nasional Belanda demi membenahi dan mengangkat kembali mantan klubnya ke level tertinggi Eropa dan dunia.

Dengan pengalamannya sebagai mantan pemain kelas dunia dan juga pelatih, Koeman diharapkan akan mampu mengembalikan Barcelona menjadi tim nomor wahid di Eropa dan dunia. Namun, harapan ini bisa berantakan tanpa kehadiran Messi di dalam tim. Pasalnya, kedatangan Koeman pun, konon tidak akan mampu membendung kepergian Messi.

Peraih Ballon d'Or enam kali itu kelihatannya tetap bertekad untuk meninggalkan klub apa pun yang terjadi. Setelah tersiarnya kabar ini, para penggemar El-Barca berkumpul untuk memprotes dewan klub serta menyatakan dukungannya kepada Messi. Paris Saint-Germain dan Manchester United disebut-sebut berniat merekrut pemain yang memperkuat tim utama El-Barca sejak 2004 dan memenangkan Liga Champions sebanyak empat kali itu.

Kabar lain menyebutkan, Manchester City lebih berpeluang untuk mendapatkan Messi. Hal ini karena faktor keberadaan tokoh sentral Manchester City, Pep Guardiola, pelatih The Citizens saat ini. Seperti diketahui, Guardiola adalah mantan pelatih El-Barca yang dikenal memiliki hubungan akrab dengan Messi. Guardiola menjadi daya tarik tersendiri bagi Messi untuk bergabung dengan The City.

Namun, perkembangan baru menunjukkan, kepindahan Messi ke Manchester City diperkirakan akan terhambat oleh sikap konfederasi sepak bola Eropa, UEFA. Seperti dilansir bolasport.com dari Daily Mirror, UEFA dan empat klub rival Manchester City siap memantau pergerakan transfer Messi ke Manchester City. Sebelumnya, The Citizens pernah bermasalah dengan UEFA soal Financial Fair Play (FFP). Hubungan keduanya makin memburuk seusai banding yang diajukan Manchester City dikabulkan oleh Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Dalam pada itu, kepergian Lionel Messi dari Barcelona kian menguat setelah sang megabintang mangkir dari latihan tim El-Barca yang dipimpin oleh pelatih barunya, Ronald Koeman. Messi absen dari latihan bersama 15 pemain lain. Hal itu menyebabkan spekulasi kepergian Lionel Messi dari Camp Nou musim panas ini menjadi kian tinggi.

Sedang Viral

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis
Artikel Terbaru
7 Mar 2021, 11:29 - Metamor92
7 Mar 2021, 11:27 - dhena
7 Mar 2021, 11:26 - Uswatunkudus
7 Mar 2021, 11:25 - Uswatunkudus