TEKNOLOGY TEPAT GUNA

TEKNOLOGY TEPAT GUNA

Oleh:Wandi, Keluarga Sunda Agregat

Secara alamiah perbedaan negara, wilayah ataupun daerah mampu untuk membentuk berbagai macam Karakter; Ras, Culture, Bangsa, Bahasa, Adat Istiadat dan Kepercayaan (isme/Agama). Sedangkan situasi dan kondisi alamnya mampu untuk memicu perkembangan keahlian serta ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dimana dari kesungguhan cara berpikir untuk mengolah dan menstabilkan pertumbuhan keadaan alam, terciptalah berbagai macam teknologi tepat guna yang semakin maju dan serba automatic.

https://youtu.be/4Nc_7VaBGP4

Adapun contoh realistis olah teknologi tepat guna yang tercipta dan diakibatkan oleh factor keadaan alam adalah detektor tsunami ataupun detektor badai dan gempa, serta teknologi-teknologi lain yang dibuat diberbagai negara sesuai dengan keadaan alamnya.

Terciptanya teknologi tepat guna demikian bukannya tidak beralasan, akan tetapi mutlak disebabkan karena negara, wilayah ataupun daerahnya memang rawan oleh bencana alam sehingga untuk menjalankan misi besar dalam penyelamatan ataupun menghindari terjangan bencana masing-masing harus berusaha keras untuk menemukan jenis Teknologi yang mampu untuk mendeteksi seluruh gejolak kegiatan alam.

Dengan demikian akibat terpicu untuk pelestarian ataupun menghindari proses kegiatan keadaan alam, maka dilakukan rancangan teknologi tepat guna tersebut kemudian menganalisa dan diolah alih kembali sehingga berkembang menjadi berbagai ragam teknologi yang tanpa batas. 

Ataupun sebaliknya, dimana sebelum akar dari teknologi tersebut ditemukan dan benar-benar sempurna ataupun mengena sesuai dengan kebutuhan, telah terjadi pelesetan kearah bidang teknologi yang lainnya.

Namun demikian, apapun asal usul serta awal mula terjadinya perencanaan dan perancangan; yang jelas teknologi teramat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia.

Terkecuali dengan sengaja disalah gunakan, maka tentunya dampak efeknyapun akan berakibat lain.

“Lantas, kenapa banyak Negara yang memiliki kekayaan Sumberdaya Alam (SDA) hanya mampu berkembang tapi tidak bisa maju-maju; padahal Sumberdaya Alamnya begitu melimpah ?”

http://www.iva-studio.is-best.net/mesin-olah.html

Pada pandangan perspektif, hal tersebut justru dikarenakan melimpahnya ataupun dimanja oleh kekayaan Sumberdaya Alam itu sendiri, sehingga dikarenakan tidak ada poros pikir untuk menstabilkan keadaan alam (bencana, ketandusan, dll).

Akibatnya perkembangan imajinasinya hanya terpaku pada sebatas pengolahan untuk penggandaan hasil; sedangkan pelestariannya terkadang diabaikan, padahal antara pengolahan, penggandaan dan pelestarian harus diperlakukan dengan secara seimbang sehingga diantaranya tidak ada kelabilan.

Akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa Alam dan Sumberdayanya mampu untuk memicu dan mempengaruhi kemajuan ataupun ketidak majuan suatu bangsa dan negara.

Terkecuali bangsa ataupun negara tersebut mampu mengimprovisasi serta berspekulasi objective untuk mengembangkan imajinasi dalam menciptakan teknologi-teknologi baru yang lainnya, karena pada suatu saat alam tidak akan lagi memberikan apapun jika kekayaannya telah terkuras habis. (Wandi, Agustus 2004/update2020)💗

Follow

t.me/wandi2000

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

📂Eks Maintenance Lab.Komputer MMA-IPB 1996 s/d 2003 📂Web Design, Web Animasi, Animator, Design Graphis, Drafter Engeeniring. 📂Penulis & Pingelola di Animasi Studio, Internet Visual Animasi-Knowledge Inspiration Of Indonesia. 📂Pengelola AHA Messenger Gigabyte 📂Penulis d Kaskus.co.id 📂www.iva-studio.is-best.net

Artikel Terbaru
30 Nov 2020, 21:53 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:42 - mohammadrusdi21
28 Nov 2020, 9:40 - Riskikribo
28 Nov 2020, 9:39 - mohammadrusdi21