Tips Aman Membeli Smartphone bekas

Perkembangan smartphone saat ini bener-bener pesat. Hampir tiap bulan ada saja smartphone baru bermunculan. Pengen ganti smartphone tapi budget ga memungkinkan?

Jangan khawatir gaess, kamu bisa beli smartphone bekas. Pastinya harga smartphone bekas lebih murah daripada Smartphone yang baru.

Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli smartphone bekas. Nah kali ini gadgetdoank bakal ngasi kamu tips membeli smartphone bekas.

1. Menentukan Smartphone yang akan dibeli

Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah jenis smartphone yang akan kamu beli. Pastikan smartphone tersebut memiliki spesifikasi rata-rata.

Minimal smartphone keluaran setahun yang lalu, jadi sistem android yang digunakan masih bisa bersaing untuk jangka waktu kedepan.

Selain itu,kamu juga harus memperhatikan service center smartphone tersebut. Carilah smartphone yang service center nya ada di sekitar mu. Jadi, saat terjadi kerusakan akan mudah memperbaikinya.

2. Pilih tempat jual-beli terpercaya

Jika kamu ingin membeli smartphone bekas,kamu bisa memilih membeli smartphone bekas dari orang terdekatmu atau membeli pada toko-toko offline yang sudah kamu ketahui. Jika membeli secara online, pastikan kamu bisa COD ( Cash on Delivery ) agar kamu bisa memastikan unit nya berjalan dengan baik sebelum membelinya.

3.Cek kondisi fisik

Jika melakukan pembelian secara online, kamu bisa meminta kepada penjual untuk mengirimkan foto-foto ataupun video seluruh bagian smartphone.

Dan jangan takut untuk bertanya apakah smartphone memiliki cacat,pernah jatuh dan lain sebagainya.

Atau jika membeli secara offline,kamu bisa cek langsung kondisi fisik smartphone tersebut. Pastikan tidak ada retak atau bagian body yang terlepas.

4. Cek Kelengkapan

Saat membeli smartphone baru, perangkat smartphone dipastikan dalam keadaan lengkap.

Selain smartphone itu sendiri di dalam dusbox nya ada buku panduan penggunaan, charger, sim injector, kabel data USB dan headset ( sebagian smartphone ada yang tidak menyertakan headset dalam kelengkapan nya )

Kamu bisa bertanya pada penjual apakah smartphone yang dijual dalam keadaan lengkap atau tidak.

Karena tidak jarang smartphone bekas dijual dalam keadaan "batangan" ( hanya smartphone saja tanpa kelengkapan apapun )

5.Cek Garansi dan Keaslian smartphone

Jika smartphone telah berumur lebih dari setahun bisa dipastikan smartphone sudah tidak memiliki garansi. Namun jika memungkinkan, carilah smartphone yang masih memiliki masa garansi yang panjang. 

Dan pastikan smartphone yang kamu beli bukan replika atau palsu. Karena terkadang ada penjual nakal yang mengklaim smartphone tersebut original padahal sebenarnya adalah replika.

Untuk mengetahui keaslian smartphone mu, kamu bisa melakukan beberapa trik ini.

Untuk Android:

Kamu bisa cek nomor IMEI yang ada di box smartphone dengan tampilan di layar smartphone kamu. Ketik *#06#.

Jika tampilan nomor IMEI yang tertera pada layar smartphone sama dengan yang tertera pada box smartphone kemungkinan smartphone mu adalah smartphone asli.

Untuk lebih memastikan, kamu bisa mengunjungi situs IMEI.info. Ketik nomor IMEI yang sebelumnya tertera pada layar smartphone mu,jika website menampilkan info mengenai smartphone mu seperti brand dan spesifikasi yang sama dengan smartphone yang kamu gunakan maka smartphone tersebut asli.

Untuk Iphone:

Hal yang paling mudah kamu lakukan untuk mengecek apakah Iphone bekas yang ingin kamu beli asli atau palsu adalah dengan mengecek OS nya. OS produk Apple adalah iOS. iOS ini hanya digunakan oleh produk keluaran Apple saja jadi bisa dipastikan produk lain tidak bisa menggunakan nya.

Kamu bisa buka App Store di Iphone tersebut,jika yang terbuka bukan App Store melainkan Play Store atau Store lain bisa dipastikan Iphone tersebut palsu.

Kemudian kamu bisa cek Nomor IMEI Iphone tersebut dengan mencocokkan nomor IMEI yang ada pada 3 tempat. Dalam sistem iOS, di belakang Iphone, dan pada kemasan box.

Pastikan IMEI yang tertera pada ketiga tempat ini sama,kemudian masukkan IMEI tersebut ke situs web Apple.

Jika terdeteksi dan dalam informasi tersebut pembelian valid nya tercentang maka kamu bisa bernafas lega. Jika pembelian valid nya tidak tercentang maka kemungkinan Iphone tersebut adalah barang curian atau ilegal.

6. Cek fungsi fitur

Masih belum bisa transaksi dulu ya gaess walaupun semua kriteria diatas sudah terpenuhi. Karena hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan adalah kondisi fitur-fitur yang ada pada smartphone tersebut.

Kamu harus perhatikan apakah fitur-fitur seperti kamera, LED, audio, gesture, sistem operasi, aplikasi, tombol fisik berfungsi dengan baik.

Nah untuk mempermudah mu mengecek fungsi tersebut,kamu bisa tekan *#0*# pada telepon.

7. Cek harga pasaran

Dan yang paling penting adalah kamu perlu mengecek harga smartphone yang kamu incar ini. Apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi kelengkapan yang dimiliki.

Kamu bisa bertanya pada teman yang lebih berpengalaman atau kamu bisa cek di toko-toko online. 

Jika harga yang ditawarkan penjual tidak jauh berbeda atau masih sewajarnya dari patokan harga yang kamu miliki. Bisaa banget langsung dipinang smartphone nya gaess!

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis