Tips Mencegah Burn in pada Smartphone

Pernah mengalami layar smartphone yang tiba-tiba muncul garis-garis? atau tiba-tiba tampilan nya jadi berbayang dan tertumpuk?Ini disebut dengan istilah Burn in.

Kondisi ini secara teknis bisa terjadi pada smartphone dengan layar Oled, Amoled atau Super Amoled.

Berbeda dengan tipe layar LCD,layar Oled memiliki ketajaman dan kontras yang lebih tinggi. Ini membuat tampilan gambar pada layar Oled terlihat lebih hidup dan memanjakan mata. Namun dibalik setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan yaitu Burn in.

Burn in ini bisa terjadi kapan saja pada smartphone mu,bukan hanya bisa terjadi pada smartphone yang telah digunakan bertahun-tahun tetapi pada smartphone yang baru digunakan sebulan pun bisa terjadi hal yang sama.

Kenapa bisa terjadi Burn in?

Biasanya pada layar LCD dibutuhkan sebuah backlight untuk menerangi pixelnya,namun pada layar Oled setiap pixelnya mampu mengeluarkan cahaya sendiri. Masalah akan muncul saat layar menampilkan sesuatu secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama.

Jika hal ini terjadi maka pixel akan menjadi lemah dan Burn in pun terjadi.

Cara mencegah Burn in

Dengan adanya resiko Burn in ini pastinya kita menjadi hawatir dan was-was. Bahwasannya untuk memperbaiki layar Oled yang rusak dibutuhkan biaya yang lumayan besar. Bisa mencapai separuh dari harga smartphone itu sendiri. Tapi jangan terlalu khawatir karena ada beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan guna mencegah Burn in.

1. Atur kecerahan layar smartphone pada level terendah yang paling nyaman untuk pengelihatan mu. Hindari menggunakan kecerahan yang tinggi. Kecerahan tinggi membuat LED mengeluarkan daya yang lebih besar untuk menerangi layar dan lebih rentan untuk rusak.

2. Ubah secara berkala walpaper smartphone mu,hindari penggunaan walpaper yang sama dalam kurun waktu yang lama. Atau bisa gunakan live walpaper, meskipun boros terhadap baterai tetapi live walpaper lebih ramah untuk kesehatan layar. Dan usahakan memakai walpaper yang gelap.

3. Sembunyikan bilah notifikasi,ikon statis yang terdapat pada bilah notifikasi yang terus ditampilkan dapat meningkatkan resiko burn in. Jika smartphone mu tidak dilengkapi dengan fitur tersebut kamu bisa menggunakan aplikasi  yang menawarkan fitur serupa.

4. Jika menggunakan aplikasi navigasi secara teratur untuk perjalanan jauh, pilih yang tidak memiliki banyak elemen UI statis yang terang.

Nah itu dia tips untuk mencegah terjadinya Burn in pada smartphone, buat kamu yang memiliki smartphone dengan layar Oled dan sejenisnya bisa coba lakukan trik ini ya!

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis