Waspada Malware xHelper

Malware atau singkatan dari Malicious Software adalah salah satu perangkat lunak yang sangat berbahaya untuk perangkat komputer dan juga ponsel. Pasalnya malware memiliki kemampuan untuk mencuri data pribadi dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini salah satu perusahaan keamanan bernama Symantec telah melaporkan bahwa ada sebanyak 45.000 perangkat Android di seluruh dunia yang telah terinfeksi oleh sebuah malware jahat bernama xHelper.

xHelper sendiri adalah malware yang pertama kali ditemukan pada bulan Maret 2019 lalu dan memiliki kemampuan yang cukup hebat. Diketahui bahwa xHelper dapat men-spam iklan di notifikasi layar korban dan juga mencuri data para pengguna.

Selain itu malware xHelper ini juga cukup sulit untuk dihapus. Meskipun pengguna sudah menghapus aplikasi tersebut dan menonaktifkan opsi 'Install apps from unknown source', malware tersebut tetap berada di perangkat korban dan selalu berevolusi seiring waktu.

Diketahui bahwa malware tersebut juga mendapatkan update yang cukup teratur dari pengembangnya. Maka dari itu malware tersebut akan terus berkembang dan makin susah untuk dibasmi.

Saat ini beberapa program antivirus diketahui sudah dapat menghapus malware xHelper dari perangkat korban. Para pengguna dihimbau untuk hati-hati dalam menginstall aplikasi di luar Google Play Store.

Sedang Viral

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Loading...

Artikel terkait
Tentang Penulis

Kita Hanya Sekumpulan Anak Muda Pecinta Dunia IT Yang Ingin Mengembangkan Kreatifitas Kami, DiKominutas ini Kami Tidak Menutup Diri Bagi Anda Yang Ingin Bergabung Dengan Kami, Karena Dalam Komunitas ini Kita Bebas Berekpresi,Sharing dan Berbagi Pengetahuan Tentang IT

Artikel Terbaru