Youtuber Pemula Belajar Pakai Ini untuk Edit Video

Sekarang banyak yang menggeluti di dunia content creator salah satunya adalah menjadi youtuber, entah dengan konten horor, prank, podcast, gaming dan berapa harga outfit lo?. Banyak dari kaum millenial Indonesia yang suka mempublikasikan hasil karya mereka di platform youtube dan berani mengikuti jejak para youtuber profesional yang menginspirasi mereka.

Beberapa alat bisa saja wajib untuk dijadikan fasilitas seperti pc/komputer, kamera slr, kamera handphone, microphone, lighting dan lain sebagainya. Namun, itu akan menjadi kurang sempurna bila tidak di edit dengan sebaik mungkin.

Banyak aplikasi edit video di luar sana yang mungkin bisa membuat Anda bingung. Nah, untuk Anda yang sedang menggeluti untuk menjadi seorang youtuber. Anda bisa coba beberapa aplikasi edit video yang mempunyai fitur-fitur bagus dan ada juga yang memiliki fitur yang simpel. Tapi, untuk aplikasi yang mempunyai fitur-fitur yang lengkap tak sedikit yang berbayar. Namun, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi yang bisa dioperasionalkan secara gratis.

1. Adope Premiere Pro

                       

Adobe Premiere Pro adalah aplikasi yang sudah tidak bisa diragukan lagi kemampuannya untuk hal editing video. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang lengkap sehingga banyak orang yang menggunakan aplikasi ini untuk keperluan editing video.

Berbeda dari kebanyakan aplikasi edit video PC lain. Adope Premiere Pro memiliki tampilan yang cukup keren dan profesional akan tetapi cukup rumit. Aplikasi ini bisa mengedit efek untuk membuat animasi opening, outro, suara, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sudah dibekali dengan codec yang lengkap sehingga bisa mendukung banyak format. Selain itu, Adope Premiere Pro sanggup untuk edit video dengan kualitas tinggi bahkan yang beresolusi 4K. 

Dengan fitur-fitur keren yang ditawarkan, aplikasi ini pastinya tidak gratis alias berbayar. Namun, Anda bisa mencobanya dengan paket Free Trial sebelum membeli.

Link download : Adobe Premiere Pro

2. Wondershare Filmora

                         

Wondershare Filmora adalah aplikasi editing video yang saya gunakan pertama kali untuk membuat konten youtube saya. Aplikasi cukup simpel sehingga bisa dioperasionalkan dengan mudah dan mempunyai fitur yang bagus.

Banyak kemudahan yang bisa di implementasikan di aplikasi ini dimulai dari pengeditan suara, gambar video, efek, transisi dan lain sebagainya.

Sebenarnya aplikasi Wondershare Filmora ini mempunyai dua tipe yaitu untuk pemula dan profesional. Buat Anda yang tidak ingin ribet bisa aktifkan fitur Easy Mode di Wondershare Filmora supaya fitur advancenya bisa sembunyi.

Karya kamu bisa langsung di upload di sosial media setelah mengedit video karena Wondershare Filmora bisa langsung terhubung Facebook maupun Youtube.

Link download : Wondeshare Filmora

 

3. Corel Video Studio

                      

Seperti aplikasi edit video diatas, Corel Video Studio juga dioperasikan dan install untuk komputer/PC. Aplikasi ini cocok digunakan untuk Anda yang masih awam dalam editing video atau pemula. Tampilannya bisa dikatakan sederhana dan mudah dimengerti namun memiliki banyak fitur yang tak kalah canggih.

Corel menyediakan fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mendukung pengeditan video mulai dari transisi, template untuk video opening, filter, background musik,dll. Aplikasi edit video yang satu ini bisa bikin video background transparan dengan beberapa klik saja. Anda bisa memulai belajar editing video dengan aplikasi Corel Video Studio ini.

Link download : Corel Video Studio

 

4. Windows Movie Maker

                       

Yang terakhir adalah aplikasi edit video Windows Movie Maker. Aplikasi ini hadir bareng dengan Microsoft Windows. Aplikasi ini dikatakan mudah dalam pengoperasiannya karena memiliki tampilan atau interface yang seerhana. Hal inilah yang membuat Microsoft Movie Maker sangat cocok digunakan untuk Youtuber pemula untuk bisa di utik-utik sesuka hati.

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, fitur- fitur yang ditawarkan oleh Corel Movie Maker juga sangat menarik. Fitur dalam aplikasi ini simpel sekali, beberapa transisi maupun animasi sudah disediakan dan Anda bisa potong video, menambahkan teks, dan kebutuhan lain. Jadi, hasil karya yang kalian kerjakan akan memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Link download : Windows Movie Maker

 

 

Jadi, sudahkah ada gambaran untuk mengedit video karya Anda untuk di publikasikan di youtube? Mana aplikasi yang cocok untuk Anda? Atau punya rekomendasi aplikasi edit video? Bagus atau tidaknya suatu karya tidak tergantung dari aplikasi yang dipakai tetapi kemampuan, kreatifitas, wawasan juga berpengaruh untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus. Meski Anda masih pemula belajarlah terus menerus untuk menghasilkan sebuah karya yang menarik dan tentunya bisa menghibur.

 

Terima kasih sudah membaca artikel dari SukaSetPC. Semoga bermanfaat. 

Menikmati artikel ini? Daftarkan Email Anda untuk Berlangganan

Komentar

Anda harus masuk untuk mengirim komentar.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Seorang content creator,pengusaha kecil,pecinta pc,pecinta musik,suka membaca dan menonton video.